BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Manusia
adalah mahluk social yang cenderung untuk hidup bermasyarakat serta mengatur
dan mengorganisasi kegiatannya dalam mencapai suatu tujuan tetapi karena
keterbatasan kemampuan menyebabkan mereka tidak mampu mewujudkan tujuan tanpa
adanya kerjasama. Hal tersebut yang mendasari manusia untuk hidup dalam berorganisasi.
Ada beberapa
para ahli yang mendifinisikan tentang organisasi tetapi secara umum organisasi itu sendiri merupakan kelompok
orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan.
1.2
Maksud dan Tujuan
Sebagai makhluk sosial sudah seharusnya kita
memahami arti dari sebuah organisasi bahkan kita harus mulai berorganisasi
dengan orang lain supaya apa yang menjadi tujuan kita dapat tercapai karena untuk
mewujudkannya kita membutuhkan campur tangan dari orang lain.
Tujuan penulisan ini adalah agar setiap orang mampu
berorganisasi dengan baik dan tidak hanya mementingkan pendapat sendiri.
1.3
Ruang Lingkup
Dalam tulisan ini akan membahas tentang apa itu
organisasi, arti penting organisasi dan metode, ciri-ciri, unsur dan teori
organisasi, dan macam-macam organisasi dari segi tujuan.
BAB 2
ISI
2.1 ARTI
PENTING ORGANISASI DAN METODE
Organisasi
Istilah organisasi berasal dari kata organon/ bahasa yunani yang berarti alat,tools. Organisasi adalah sekelompok orang (dua / lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Manajemen
Kata manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno "menagement" yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Menurut Ricky W Griffin, manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sedangkan efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai jadwal.
Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat pula. Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan telah dilakukan secara ilmiah dan praktis. Beberapa fungsi tata kerja, yaitu :
- Menghindari terjadinya pemborosan waktu yang tersedia
- Menghindari hambatan dalam proses pencapaian tujuan
- Menjamin adanya pembagian waktu kerja dan koordinasi yang tepat
Manajemen,
Organisasi & Tata kerja
Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
Organisasi
: Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan.
Tata Kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama
tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien
Berdasarkan
penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa organisasi, manajemen, dan tata kerja
berkaitan satu sama lain untuk diarahkan kepada tercapainya tujuan yang
efisien.
2.2 CIRI-CIRI ORGANISASI
1.
Lembaga sosial yang terdiri atas kumpulan orang
dengan berbagai pola interaksi yang diterapkan
2.
Dikembangkan untuk mencapai tujuan
3.
Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja
disusun
4.
Instrumen sosial yang mempunyai batasan yang secara
relative dapat diidentifikasi
2.3 UNSUR-UNSUR ORGANISASI
–Manusia(Man)
–Kerjasama
–Tujuan
Bersama
–Peralatan
(Equipment)
–Lingkungan
–Kekayaan
alam
–Kerangka/Konstruksi
Mental Organisasi
2.4 TEORI ORGANISASI
1.
Teori
Organisasi Klasik
Teori ini biasa disebut
teori tradisional atau disebut juga teori mesin. Berkembang mulai abad 19.
Dalam teori ini organisasi digambarkan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan
tugas-tugasnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural
yang kaku tidak mengandung kretifitas.
Definisi organisasi
menurut teori ini adalah struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan,
peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor-faktor lain apabila
orang bekerja sama.
Macam-macam teori
klasik :
· Teori
birokrasi
Dikembangkan dari ilmu sosiologi dan
dikemukakan oleh “Max Weber”. Istilah birokrasi berasal dari kata “legal
rasional”. “Legal” disebabkan adanya wewenang dari seperangkat aturan prosedur
dan peranan yang dirumuskan secara jelas. “Rasional” karena adanya penetapan
tujuan yang ingin dicapai.
· Teori
administrasi
Teori ini dikembangkan oleh Henry
Fayol, Lyndall Urwick dari Eropa, dan James D. Mooney, Allen Reily dari
Amerika.
· Manajemen
ilmiah
Dikembangkan tahun 1900 oleh Frederick
Winslow Taylor. Definisi manajemen ilmiah adalah penerapan metode ilmiah pada
studi, analisa dan pemecahan masalah organisasi. Atau seperangkat mekanisme
untuk meningkatkan efisiensi kerja.
2.
Teori
neoklasik
Teori ini disebut juga
dengan teori hubungan manusiawi. Teori ini muncul akibat ketidakpuasan dengan
teori klasik dan merupakan penyempurnaan dari teori klasik. Teori menekankan
pada pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan sebagai individu atau
kelompok kerja.
3.
Teori
modern
Teori ini muncul pada
tahun 1950 sebagai akibat ketidakpuasan kedua teori sebelumnya yaitu klasik dan
neoklasik. Teori ini sering disebut dengan teori analis sistem atau teori
terbuka yang memadukan antara teori klasik dan teori neoklasik. Teori
organisasi modern melihat bahwa semua unsure organisasi sebagai satu kesatuan
yang saling bergantung dan tidak bisa dipisahkan. Organisasi bukan sistem
tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil tapi organisasi merupakan
sistem terbuka yang berkaitan dengan lingkungan dan apabila ingin dapat
bertahan hidup maka ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.
2.5
MACAM ORGANISASI DARI SEGI TUJUAN
1.
Organisasi
niaga
2.
Organisasi
sosial
ORGANISASI NIAGA
Organisasi niaga adalah organisasi yang
tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam-macam organisasi niaga :
1.
Perseroan
Terbatas (PT)
2.
Perseroan
Komanditer (CV)
3. Firma (FA)
4. Koperasi
5. Join Ventura
6. Trus
7. Kontel
8. Holding Company
ORGANISASI SOSIAL
Organisasi
Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat.
Jalur
pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
a.Jalur
Keagamaan
b.Jalur
Profesi
c.Jalur
Kepemudaan
d.Jalur
Kemahasiswaan
e.Jalur
Kepartaian & Kekaryaan
BAB 3
KESIMPULAN
Organisasi merupakan hal
penting dalam kehidupan manusia karena untuk mencapai tujuan tertentu manusia
tidak dapat melakukan hal tersebut sendiri dan memerlukan kerjasama dari pihak
lain, oleh karena itu organisasi sangat dibutuhkan dan berperan penting.
Ada berbagai macam organisasi yang dapat kita lihat dari berbagai
segi, yaitu dari jumlah puncak pimpinan, segi keresmian, segi tujuan, segi luas
wilayah, segi sosial dan segi bentuk. Ada hubungan yang erat antara manajemen, organisasi, dan metode(tata cara). Ketiganya diarahkan kepada tujuan secara efisien.
sumber :
s_tiwi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17350/MINGGU_3.doc
lista.staff.gunadarma.ac.id
http://safrilblog.wordpress.com/2011/02/16/arti-pentingnya-organisasi-dan-metode/
0 comments:
Post a Comment