Bahaya Game Online



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Beberapa tahun belakangan ini kita sudah jarang bahkan tidak pernah lagi melihat anak-anak memainkan permainan tradisional. Hal ini disebabkan karena adanya permainan baru yang mungkin menurut mereka lebih asik dan lebih seru dimainkan dibandingkan dengan permainan tradisional tersebut. Permainan itu kita kenal dengan sebutan “game online”. Bahkan yang memainkan permainan itu bukan hanya anak-anak saja tetapi remaja dan orang dewasa pun memainkannya. Tetapi mereka seringkali tidak sadar dan lupa waktu jika sedang memainkan game tersebut. Mereka tidak tahu dampak apa yang akan didapat jika berlama-lama memainkan game tersebut.
1.2 Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari tulisan ini adalah agar pembaca mengetahui bahaya yang ditimbulkan dari game online.
1.3 Ruang Lingkup
Dalam tulisan ini akan membahas tentang apa itu game online dan bahaya-bahaya apa saja yang timbul akibat dari game online.



BAB 2
ISI

Game online adalah adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet), sebagai medianya. Biasanya game online disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.
Game online merupakan game yang sangat disukai oleh anak-anak, hampir tidak ada anak yang tidak suka dengan game model ini. Jika sedang bermain, mereka akan serius sekali dan tidak peduli dengan yang ada disekitarnya. Mereka hanya berpaku dengan komputer dan bisa sampai berjam-jam bahkan lebih lama. Hal tersebut sangat berbahaya bagi anak tersebut. Bahaya tersebut bisa berdampak pada kesehatan maupun perkembangan psikologi anak.
Bahaya Game Online bagi Kesehatan Anak :
1.     Kelelahan Mata
Ini adalah kondisi mata yang kelelahan setelah digunakan secara intens dan alam waktu cukup lama. Biasanya para maniak game disamping menatap monitor terus menerus, mereka juga sering lupa berkedip sehingga malah menambah kelelahan mata.
2.    Ambeien/wasir
Wasir atau ambeien merupakan konsekuensi dari duduk statis dalam waktu yang tidak sebentar sehingga peredaran darah tidak lancer serta mendesak pembuluh darah vena yang ada di daerah anus. Akibatnya pembuluh darah jadi menonjol dan rasanya sakit serta panas.
3.    Berkurangnya Metabolisme Tubuh
Permainan online sangat minim dengan aktifitas fisik. Jika otot terlalu lama tidak melakukan aktifitas fisik akan berakibat pada berkurangnya metabolism tubuh. Dalam jangka panjang dampak game online bagi kesehatan diantaranya masa otot menurun, obesitas, sakit pinggang, menurunnya sistem imunitas sehingga gampang terkena penyakit.
4.    Sindrom Otot Pergelangan Tangan
Disebut juga dengan carpal tunnel syndrome. Ditandai dengan kesemutan, mati rasa, kelemahan, serta kerusakan otot pada pergelangan tangan dan jari. Penyebabnya adalah tekanan dan ketegangan saraf di pergelangan tangan yang berfungsi merasakan dan menggerakkan tangan dan jari.
5.    Makan dan Istirahat Tidak Teratur
Hampir setiap anak maniak game online mengalami hal ini. Pola makan dan waktu istirahat mereka berubah mengikuti jadwal permainan mereka. Kondisi ini tentu saja dapat menyebabkan anak tersebut mudah terkena penyakit.
Bahaya Game Online bagi Psikologi Anak :
1.     Mendorong Perilaku Negatif
Bila sudah kecanduan game online, apapun bisa dilakukan termasuk melakukan hal negatif demi game ini. Misalnya bolos sekolah, menyelewengkan uang SPP, mengambil uang teman, dan lain-lain.
2.    Emosional dan Mudah Marah
Para maniak game online sering emosional dan mudah marah. Gampang berucap kasar dan kotor terutama bila gagal menaklukkan “lawannya” di layar monitor atau game terhenti di tengah jalan.
3.    Prestasi Belajar Menurun
Asik bermain game membuat anak sering lupa waktu, sehingga banyak aktifitas yang harusnya dilakukan jadi terganggu. Misalnya solat, belajar, mengerjakan PR, dan lain-lain. Bahkan disaat melakukan aktifitas itu pun pikiran mereka masih melamunkan permainan online tersebut. Akibatnya hal tersebut dapat menyebabkan prestasi belajar mereka menurun.


BAB 3
KESIMPULAN

Game online adalah permainan yang saat ini sangat disukai oleh anak-anak. Tetapi disamping itu game online juga bisa berbahaya bagi anak-anak jika anak tersebut tidak dapat mengontrol waktu bermain mereka. Untuk itu diperlukan sekali peran serta dari orang tua untuk menjaga dan mengawasi anak-anak mereka agar tidak kecanduan pada game online.

Sumber :

0 comments:

Post a Comment