Kalimat Dasar Bahasa Indonesia

1.      Pengertian Kalimat
Kalimat adalah rangkaian kata yang dapat mengungkapkan gagasan, pikiran, atau perasaan. Kalimat merupakan satuan bahasa kecil, dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Sekurang-kurangnya kalimat dalam ragam resmi, baik lisan maupun tertulis, harus memiliki subjek (S) dan predikat (P). Kalau tidak mengandung unsur subjek dan unsur predikat maka kata itu bukanlah sebuah kalimat melainkan sebuah frasa.
2.      Unsur-unsur Kalimat
Dalam menuliskan sebuah kalimat dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka kita harus ketahui unsur-unsur yang biasa dipakai dalam sebuah kalimat. Dalam bahasa Indonesia digunakan aturan SPO atau SPOK (Subjek, Predikat, Objek atau Subjek, Predikat, Objek, Keterangan).
3.      Pola Dasar Kalimat Bahasa Indonesia
Kalimat dasar ialah kalimat yang berisi informasi pokok dalam struktur inti, belum mengalami perubahan. Penambahan itu dapat berupa penambahan unsur seperti penambahan keterangan kalimat ataupun keterangan subjek, predikat, objek, ataupun pelengkap. Kalimat dasar dapat dibagi menjadi delapan tipe sebagai berikut :
-          Kalimat Dasar Berpola S P
Kalimat dasar tipe ini memiliki unsur subjek dan predikat. Predikat kalimat untuk tipe ini dapat berupa kata benda, kata kerja, kata sifat, atau kata bilangan. Misalnya :
·         Mereka /  sedang berenang.
     S                 P (kata kerja)
·         Ayahnya / guru SMA.
      S              P (kata benda)
-          Kalimat Dasar Berpola S P O
Kalimat dasar ini memiliki unsur subjek, predikat, objek. Subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba transitif atau kata sifat, objek berupa nomina atau frasa nominal. Misal :
Mereka / sedang menyusun / karangan ilmiah.
      S                   P                               O
-          Kalimat Dasar Berpola S P Pel
Kalimat dasar ini memiliki unsur subjek, predikat, dan pelengkap. Subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba intransitif, dan pelengkap berupa nomina atau adjectiva. Misalnya :
Anaknya / beternak / ayam.
      S                P            Pel
-          Kalimat Dasar Berpola S P O Pel
Kalimat dasar ini memiliki unsur subjek, predikat, objek, dan pelengkap. Subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba intransitif,objek berupa nomina atau frasa nominal dan pelengkap berupa nomina atau adjectiva. Misalnya :
Dia / mengirimi / saya / surat.
  S          P                O        Pel
-          Kalimat Dasar Berpola S P K
Kalimat dasar ini memiliki unsur subjek, predikat, dan harus memiliki unsur keterangan karena diperlukan oleh predikat. Subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba intransitif, dan keterangan berupa frasa berpreposisi. Misalnya :
Mereka / berasal / dari Surabaya.
      S              P                           K
-          Kalimat Dasar Berpola S P O K
Kalimat dasar ini memiliki unsur subjek, predikat, objek, dan keterangan. Subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba intransitif, objek berupa nomina atau frasa nominal, dan keterangan berupa frasa berpreposisi. Misalnya :
Kami / memasukkan / pakaian / ke dalam lemari.
    S                P                              O                   K
-          Kalimat Dasar Berpola S P Pel K
Kalimat dasar ini memiliki unsur subjek, predikat, pelengkap, dan keterangan. Subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba intransitive atau kata sifat, pelengkap berupa nomina atau adjectiva, dan keterangan berupa frasa berpreposisi. Misalnya :
Ungu / bermain / music / di atas panggung.
    S           P            Pel                             K
-          Kalimat Dasar Berpola S P O Pel K
Kalimat dasar ini memiliki unsur subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan. Subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba intransitif, objek berupa nomina atau frasa nominal, pelengkap berupa nomina atau adjectiva, dan keterangan berupa frasa berpreposisi. Misalnya :
Dia / mengirimi / ibunya / uang / setiap bulan.
  S          P                 O                    Pel           K


Sumber :





0 comments:

Post a Comment