Persahabatan

Sesuatu yang mungkin sangat sulit di dapatkan karena persahabatan itu tidak terjalin begitu saja tetapi membutuhkan proses yang panjang. Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha dari pemeliharaan kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan, dan pernyataan kasih dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan an mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya. Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan dan mejengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunya nilai yang indah.
Persahabatan diwarnai dengan pengalaman suka dan duka, dihibur-disakiti, diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian.
Sahabat sejati pasti mengatakan yang sesungguhnya tentang yang ada pada diri kita, ia tidak akan sungkan mengatakan "Berat badan kamu naik ya" atau "kamu males banget sih, belajar gih!" Mengapa? Karena mereka melakukan itu tidak lebih untuk kebaikan diri kita sendiri. Tidak jarang mereka menjadi alarm yang tidak berhenti memperingatkan kita bahwa seseorang yang kita sukai sebenarnya orang yang tidak baik dan tidak pantas untuk kita. Jengkel? jangan lagi. Mereka tidak sedang menjatuhkan kita meskipun mereka mengatakan sesuatu yang terkesan dingin tetapi mereka melakukan itu untuk menunjukkan kepedulian yang sangat besar bagi kita.
Sahabat sejati juga mau mendengarkan. Banyak orang yang tampak mendengarkan kita dan bersimpati tetapi hanya itu saja kemudian mereka berlalu. Tetapi seorang sahabat tidak melakukannya, mereka mendengar apapun yang kita katakan bahkan sampai berjam-jam. seorang sahabat akan selalu mendengarkan kita tanpa kritik. Karena itu kita lebih membutuhkan satu orang sahabat sejati yang mau mendengarkan kita dibandingkan hanya bersenang-senang dan terlihat cool dengan beberapa orang tetapi sebenarnya kita kesepian.
Tetapi ada beberapa hal yang seringkali menjadi penghancur persahabatan, yaitu:
1. Masalah bisnis UUD (ujung-ujungnya duit)
2. Ketidakterbukaan
3. Kehilangan kepercayaan
4. Perubahan perasaan antar lawan jenis
5. Ketidaksetiaan
Tetapi penghancur persahabatan ini telah berhasil dipatahkan oleh sahabat-sahabat yang teruji kesejatian motivasinya.
Ingatlah bahwa "Satu orang sahabat itu lebih berarti dibandingkan dengan seribu teman yang mementingkan diri sendiri".

0 comments:

Post a Comment